Lulus nih?

Kelulusan sejatinya adalah sebuah proses pelepasan, sebuah proses kehilangan.

Lulus berarti kehilangan tempat nyaman bernama kampus Psikologi UI tercinta, yang selalu berhasil menawarkan ketenangan ditengah hiruk pikuk tugas dan rapat yang saling berkejaran tanpa henti.

Lulus berarti kehilangan kesempatan untuk bertatap muka dengan para pengajar yang sungguh tulus memberikan kami pengetahuan, baik yang kami terima dengan baik maupun tidak.

Lulus berarti kehilangan kesempatan untuk bertemu teman-teman yang selalu menawarkan sapaan, senyuman, maupun pelukan hangat.

Tapi

Lulus juga merupakan seremoni, sebagai titik tertinggi dari pencapaian seorang mahasiswa S1.

Lulus juga merupakan titik nadir dari proses yang akan dilalui berikutnya. Entah itu menerapkan ilmu yang sudah didapatkan, memuaskan dahaga akan ilmu pengetahuan, atau proses pengembaraan mencari tujuan hidup.

Proses pelepasan ini sebaiknya juga dihinggapi dengan rasa syukur. Karena sebagai individu, tak mungkin rasanya mencapai titik ini tanpa bantuan banyak orang. Dimulai dari do’a orang tuamu di tengah malam, teman mengerjakan tugas, teman cabut kuliah, teman cerita, teman makan, dan berbagai jenis teman lainnya. Juga dengan bantuan teman hidup 😃

Sehingga, proses kelulusan ini seyogyanya tidak hanya dihinggapi dengan perasaan sedih karena kehilangan tempat yang nyaman, perasaan bahagia karena akhirnya mampu mencapai gelar baru, tapi juga perasaan tertantang dan bersemangat karena akan segera melalui tantangan hidup berikutnya.

Selamat lulus, teman-temanku tersayang! Siap berlari untuk tantangan berikutnya? 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s